Matematika Monsters bagi Siswa

Matematika adalah pelajaran wajib bagi siswa di Indonesia. Dari tingkat SD,SMP, SMA/SMK atau sederajat pasti mendapatkan mata pelajaran Matematika. dari belajar tambah kurang hingga logaritma akan disajikan kepada siswa selama sekolah tersebut. Tidak bisa dibayangkan berapa jumlah ilmu yang mereka dapatkan.

 Matematika adalah cobaan bagi siswa, bisa diibaratkan seorang pacar yang sedang meragukan cinta kekasihnya. Jika kamu dapat melampauinya maka kamu akan benar-benar jatuh cinta bahkan sampai akhir hayatnya. Namun sebaliknya jika kamu tidak dapat melampauinya maka kamu akan sengsara bersamanya.

Namun ketika seseorang mendengarkan kata matematika pasti yang akan dibayangkan adalah SULIT dan MENYEBALKAN.  Guru matematika yang dibayangkanpasti killer, suka memberikan tugas, suka marah-marah, suka memberikan hukuman dan sebagainya. Namun guru tersebut pasti punya alasan ketika melakukan hal tersebut. Karena banyak siswa yang kurang kerja keras sedikit lagi akan mendapatkan hasil terbaiknya.

Banyak guru yang menghasilkan pribadi yang baik dan sukses dengan mengajarkan matematika kepada siswanya, karena sesungguhnya matematika mengjarkan disiplin, kerjasama, teliti, kritis, bertanggung jawab dan lain sebagainya. Namun banyak siswanya yang tidak sadar akan hal itu. dibenaknya tetap matematika itu menyebalkan dan sama sekali tidak menyenangkan.

Tidak sedikit orang yang jatuh cinta kepada matematika, bahkan rela hidupnya penuh dengan matematika. Setiap sudut dimatanya adalah matematika. Ketika sedang bersama seseorang bahkan akan berbicara tentang matematika. Ketika sedang bermain-main pun akan dikaitkan dengan matematika. Bahkan ketika memasak pun juga akan membahas matematika.

Salah satunya adalah Jerome Polin, dia adalah seorang mahasiswa Universitas Waseda di Jepang dengan jurusan Matematika Terapan. Dari dia sekolah dia telah jatuh cinta kepada Matematika, sehingga dia sering mengikuti olimpiade-olimpiade matematika nasional maupun internasional. Entah apa yang memuatnya dia jatuh cinta kepama matematika hingga ia menentukan kuliahnya tetap bersama matematika.

 Bukan hal yang mudah untuknya menjadi mahasiswa jurusan matematika terapan di Universitas Waseda Jepang yang termasuk unversitas terbaik di Jepang. Bahkan berdasarkan pemeringkatan terbaru oleh QS World Unversity Rankings, Universitas Waseda termasuk peringkat 34 dunia universitas terbaik Asia dalam menghasilkan luluskan yang berkompetensi dan prospek kelulusan kerja tinggi. Jerome menjadi mahasiswa di Universitas Waseda dengan jalur beasiswa.

Namun begitulah jika sudah jatuh cinta, bahkan sudah cinta mati. Betapa sulitnya dia ditaklukkan tetap dia perjuangkan.  Seberapa sulitnya dia untuk didapatkan tetap dia kejar, bahkan sampai melewati seribu kota. Kata penggemarnya mas Didi Kempot pasti "Ammbbyyaarrr".

Jerome Polin membagikan kehidupannya sehari-hari pada channel youtubenya. Dengan jumlah subscriber 5,04 juta Jerome sukses dengan youtube di channel "Nihongo Mantappu". Jangan dilihat berapa penghasilan youtube-nya, namun lihat sepertia apa kesehariannya, bagaimana pejuangannya untuk mendapatkan beasiswanya, bagaimana dia berjuang dalam mempertahankan nilai-nilai terbaiknya disamping mengelola akun youtube miliknya.

Karena benar kata pepatah "Usaha tidak akan menghianati hasil". Jika kamu bersungguh-sungguh maka pastinya kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai. Juga sebaliknya, maka belajarlah dari matematika bahwa soal matematika pasti akan mendapatkan jawabannya seberapapun rumitnya. Matematika adalah ilmu pasti, namun penuh ketidak pastian tergantung usahamu.

Sehingga jika dikaji, dimanakan kesalahan pada matematika...

Kenapa ada orang yang membencinya, namun kenapa juga ada orang yang jatuh cinta kepadanya. kenapa ada orang yang menganggapnya monster namun kenapa ada yang menganggapnya Cinderela..

Sehingga bagaimana seharusnya kita menyikapi matematika dalam kehidupan ini...

Tentunya tidak dapat kita sama ratakan terhadapnya. Namun dapat disimpulkan jangan membenci matematika tertalu berlebihan, namun jangan memaksakan mencintai jika itu bukan yang kamu suka. Karena Allah telah memberikan kelebihan kepada kita masing-masing.






SUMBER

https://www.hotcourses.co.id/study-in-japan/university-applications/10-universitas-terbaik-di-jepang/

https://edukasi.kompas.com/read/2019/10/21/11534771/15-universitas-terbaik-asia-dalam-lulusan-kerja-peringkat-berapa-indonesia?page=all

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL KEMUHAMMADIYAHAN 2

SOAL UJI KOMPETENSI BAB II

SEJARAH AWAL SEKOLAH MUHAMMADIYAH